Belajar Menjadi Pahlawan

Ratu Bilqis akan dapat menentukan keputusan yang terbaik, namun merekaperlu menyampaikan sikap mereka jika terjadi hal terburuk.

Keberanian seperti ini, berani menentang bahaya yang mungkin datang dalam memperjuangkan apa yang diyakininya, merupakan ciri seorang pahlawan.

Ciri keempat: Berkorban

Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa

Haruskah dari Medan Perang?

Keempat ciri Pahlawan sebagaimana diuraikan di atas, tidak harus selalu ditemui di medan perang terbuka. Ada beberapa medan juang yang memiliki nilai strategis seperti perang terbuka sebagaimana contoh-contoh berikut ini:

(1) Belajar dan mengajar al Qur’an

Allah SWT berfirman di dalam surat At Taubah ayat 122: Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya

عَنْ عُثْمَانَ – رضى الله عنه- عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ»

Artinya: “Ustman bin Affan r.a. berkata: “Bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” (HR Al Bukhari).

Ayat dan hadits di atas menunjukkan bahwa belajar dan mengajarkan Al Qur’an memiliki nilai yang tinggi dalam Islam. Belajar dan Mengajarkan Islam adalah suatu kebaikan dan kebenaran yang datang dari Allah SWT. Untuk melakukannya diperlukan perjuangan keras, butuh keberanian dan pasti akan ada pengorbanan. Oleh karenanya, siapa pun diantara kaum Muslimin yang belajar dan mengajarkan Al Qur’an pantas disebut sebagai pahlawan.

(2) Birrul walidayn (Berbakti kepada kedua orang tua)