Allah pasti mengabulkan doa-doa hamba NYA

posted in: Kajian, Kemuslimahan, ngaji online | 0

Pengajian tentang doa diuraikan oleh Ustadz Syafiq Reza Basalmah. Bahwa setiap mukmin yang berdoa pasti akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wata’ala akan tetapi bentuk terkabulnya doa itu ada tiga

Yang pertama, ketika seorang mukmin berdoa, misalnya meminta anak, Allah langsung kabulkan doa tersebut

Yang kedua, Allah kabulkan dengan menggantinya dengan hal yang lebih baik atau dijauhkan dari musibah yang ditimbulkan oleh sesuatu yang diminta itu.

Yang ketiga, Allah menyimpan terkabulnya doa hingga sampai di alam akhirat.

Seorang mukmin hendaknya tidak berputus asa dengan doa-doa yang dipanjatkannya sebagaimana dicontohkan oleh para Nabi seperti Nabi Ibrahim yang senantiasa berdoa meminta anak hingga berusia lanjut, Nabi Zakariya, dll.

Beberapa dalil berkaitan dengan doa.

“Berdoalah pada-Ku (Allah) niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yg sombong dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Ghafir:60).

“Akan dikabulkan permintaan seseorang di antara kamu, selagi tidak tergesa-gesa, yaitu mengatakan: Saya telah berdoa tetapi belum dikabulkan”. [HR. Bukhari dan Muslim].

“Seorang laki-laki yang lusuh lagi kumal karena lama bepergian mengangkat kedua tanganya ke langit tinggi-tinggi dan berdoa : Ya Rabbi, ya Rabbi, sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan dagingnya tumbuh dari yang haram, maka bagaimana doanya bisa terkabulkan?” (HR. Muslim).

”Tidaklah seorang muslim berdoa kecuali dikabulkannya. Bisa dengan dipercepat pemberiannya di dunia, bisa dijadikan tabungan baginya di akhirat dan bisa juga dihapuskan dosa-dosanya setara dengan doanya selama ia tidak berdoa sambil berbuat dosa atau memutuskan silaturahmi atau meminta cepat-cepat dikabulkan” (HR Tirmidzi dari Abu Hurairoh).

Wallohu ‘alam.